logo
Rabu, 25 Jan 2017 | 12:00

Test Ride All New Yamaha R15, Tembus 132 KM/Jam Dengan Bobot Pengendara 93 KG

Penulis : Mohammad Ghalib
img1

Test Ride All New Yamaha R15, Bobot Rider 93 KG (Foto : Istimewa)


Bogor - All New Yamaha R15 menambah persaingan disegmen sport 150. Salah satu pesaingnya adalah Honda CBR150 dan Suzuki GSX-R 150. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menargetkan penjuaannya diangka 7.500 unit perbulan.

Yamaha menyematkan banyak teknologi pada All New Yamaha R15. Antara lain Variable Valve Actuation (VVA), Assist dan Slipper Clutch. Teknologi tersebut diadopsi dari motor kapasitas besar Yamaha.

Otojurnalisme.com mendapatkan kesempatan merasakan langsung performa dari All New Yamaha R15. Identitas pengendara dengan tinggi badan 183 cm dengan berat badan 93 kg. Riders pun tidak banyak pengalaman berkendara di Sentul International Circuit (SIC).

Sebelum menjurus kesesi test ride, kita lihat dulu tampang secara detil dari motor terbaru milik Yamaha. Dari dimensi  tercatat panjang 1.990 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.135 mm dan jarak sumbu roda 1.325 mm. 

Tinggi jok 815 mm namun pengendara dengan tinggi 183 cm dapat menapak dengan sempurna. Posisi stang model under yoke rupanya bukan menjadi penghalang, pasalnya posisi berkendara memang lebih menunduk, tapi tidak terasa pegal, malahan posisi riding lebih terasa nyaman.

Lanjut ke sesi test ride, riders merasa lebih percaya diri dengan All New Yamaha R15, pasalnya motor ini memang stabil seperti yang diucapkan oleh Maverick Vinales dan pebalap Indonesia. Saat melibas tikungan riders otojurnalisme.com mencoba dengan kecepatan 55-65 km/jam maklum saja karena riders belum hafal sirkuit Sentul dan itu benar-benar stabil. Kemungkinan hal itu dikarenakan distribusi bobot seimbang 50:50 antara depan dan belakang.

Keseimbangan lain juga dihasilkan dari lengan ayun berbahan alumunium yang lebih rigid dan suspensi depan model up side down (USD). Perlu diketahui, motor yang kami gunakan untuk sesi test ride telah menggunakan ban balap IRC Fasti 1 dengan ukuran 110/70-17 (depan) dan 140/70-17 (belakang). 

Penggunaan assist pada bagian kopling sangat membantu untuk berkendara jarak jauh. Pasalnya assist sangat membantu meringankan tuas kopling sehingga sangat ringan. Kemudian pengguaan slipper clutch juga menambah percaya diri dijalan, karena teknologi tersebut mengurangi efek engine brake. 

Riders dari otojurnalisme.com mampu tembus top speed 132 km/jam ditrek lurus SIC (panjang 900 meter) yang dimulai dari gigi 3 ketika keluar dari tikungan terakhir. Kami pun mencoba test jarak 100 meter, dan hasilnya mencapai speed 80 km/jam.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
Elang
Elang
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
SW218
SW218
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter