logo
Minggu, 14 Jun 2020 | 11:28

Yamaha Siapkan Motor Turbocharger, Pesaing Kawasaki H2 ?

Penulis : Tigor Sihombing
img1

otojurnalisme - Yamaha digadang-gadag tengah menyiapkan motor supercharger yang mampu mengeluarkan tenaga berlimpah-limpah.

Dilansir laman Motorcycle News, motor sport ini mulai dirancang sejak 2017 lalu.

Mereka telah bereksperimen dengan mesin turbocharged dengan dua tata letak yang berbeda.

Salah satu percobaan menempatkan turbocharger di dalam knalpot, yang merupakan konfigurasi yang tidak biasa, sedangkan tata letak lainnya memasang turbocharger dekat dengan manifold buang, yang merupakan tata letak tradisional tentang bagaimana turbocharger digunakan saat ini di industri otomotif.

Turbocharging adalah metode induksi paksa yang menggunakan gas buang mesin sendiri untuk memaksa muatan bertekanan ke dalam ruang bakar.

BACA JUGA : Bocoran NIssan X-Trail 2021, Peluncuran Tinggal Tunggu Hitungan Hari

Gas buang membantu menggerakkan turbin yang memutar kompresor udara yang mendorong udara ekstra dan oksigen ke dalam silinder yang memungkinkannya untuk membakar lebih banyak bahan bakar setiap detik. Sehingga mesin turbocharged menghasilkan lebih banyak tenaga, dan lebih banyak energi per detik.

Menggunakan mesin turbocharged akan memberi Yamaha cara langsung untuk menyuntikkan lebih banyak tenaga ke mesin sepeda motor, tanpa mengurangi peningkatan emisi.

Jadi, sementara satu aliran pemikiran saat ini adalah untuk meningkatkan perpindahan untuk menjaga output daya engine tetap sama saat memenuhi peraturan emisi terbaru yang ketat, menggunakan turbocharger mungkin tidak memerlukan pembuatan mesin yang lebih besar untuk mencapai output daya yang sama.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Sabtu, 19 Sep 2020 - 10:58 wib
BMW X Week Surabaya Diserbu Customer

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)