logo
Jumat, 07 Oct 2016 | 18:44

AC Jadi Hangat, Mungkin Ini Penyebabnya

Penulis : Administrator

Salah satu persiapan yang tidak kalah penting ketika menghadapi musim hujan adalah AC. Dimana AC mobil haruslah dalam keadaan fit alias sehat walafiat. AC yang kurang dingin tentu akan sangat mengganggu konsentrasi perjalanan terlebih saat hujan. Kaca bisa berembun atau berkabut akibat perbedaan suhu dan uap panas yang di hasilkan dari dalam interior. Sudah pasti jarak pandang mengemudi di depan jadi berkurang.

Ini dia makanya kenapa Air Conditioner ini memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah mobil. Biasanya AC yang bermasalah hanya menghasilkan udara yang tidak dingin, bisa juga hanya hembusan angin hangat. Jika sudah begini apa saja sih penyebab yang mempengaruhi kerja AC jadi kurang maksimal?

Untuk mengetahui ini, Daud mekanik Makmur AC di bilangan Cawang, Jakarta Timur mengatakan ada beberapa komponen penyebab melempemnya kinerja AC.

1. Freon berkurang atau habis.

Freon mustahil habis jika tidak ada sistem kebocoran pada perangkat AC. Sebaiknya langung diteksi dan tangani segera. Jika dibiarkan kebocoran ini akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Kebanyakan yang menjadi penyebab menguapnya freon terletak pada karet seal pada sambungan selang atau pipa atau bisa juga karena sudah renggang, termasuk lubang sekecil jarum pada selang atau pipa juga bisa menjadi penyebab bocornya freon AC mobil anda.

2. Kompresor sudah tidak bekerja maksimal
Daud juga menambahkan cara mengecek freon secara manual adalah dengan melihat kondisi freon melalui kaca pada filter AC dan ketika mesin hidup. Bila setelah itu freon berbusa makan freon pada AC dalam kondisi habis karena bila masih ada akan terlihat bening dari kaca. Jika freon tidak bocor dan normal maka tekanan freon-nya kurang, berarti bisa disebabkan juga karena kompressor yang sudah tidak maksimal lagi.

3. Kualitas freon Rendah
Ada harga ada kualitas juga berlaku untuk freon. Jangan terpancing dengan promo 'isi freon murah'.  Dari Rp 100 ribu sampai jutaan ada di pasaran. Tapi sebaiknya sesuaikan dengan mobil anda dengan berkonsultasi dengan mekanik kepercyaan anda.

4. Tabung dryer tidak bekerja optimal
Berkurangnya freon juga dapat mengakibatkan kompresor, ekspansi dan tabung dryer kemudian menjadi berat. Bila hal tersebut dibiarkan terus menerus maka yang ada adalah AC kemudian menjadi jebol.

5. Oli kompresor
Apabila kondisi freon sudah diperhatikan maka perlu juga untuk memperhatikan kondisi atau ketersediaan dari oli kompresor.Karena oli kompresor juga harus diganti maka dari itu perhatikan juga kondisinya.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
Elang
Elang
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
SW218
SW218
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter