logo
Selasa, 20 Dec 2016 | 04:00

Rawat Sliding Door Toyota Sienta, Biar Buka Tutup Tetap Empuk

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Zulfikar Noer
img1

Mintalah pengecekan kondisi bearing pada bengkel resmi tiap melakukan service rutin. Sebab bila pintu geser mulai menggeluarkan bunyi yang tidak biasa maka bisa jadi ini saatnya bearing harus pensiun. (Foto : Tapatalk)

Jakarta – Jangan samakan perawatan pintu Toyota Sienta yang notabene menggunakan sliding dor (pintu geser), dengan type mobil lain yang menggunakan pintu konvensional. Salah-salah  dalam memperlakukannya bisa berakibat kerusakan yang menyita banyak biaya.

Sebagaimana kita ketahui pintu geser Toyota Sienta tidak semuanya menggunakan elektrik, alias hanya beberapa type saja yang dibekali fitur ini. Hanya untuk type tertinggi yaitu Sienta V dan Q. Tetapi justru pada type inilah diperlukan adanya perhatian khusus pada mobil yang mengadopsi pintu geser elektrik.

Pada pintu geser elektrik, proses buka-tutup pintu sudah diatur sedemikian rupa sesuai railing-nya. Maka dari itu kita sebagai pengguna dilarang keras menahannya secara paksa, ini menjaga supaya komponen motor dan kelistrikan, dan sensor yang menggerakannya berusia panjang.

Ada beberapa contoh lagi cara perawatan lainnya supaya pintu geser Toyota Sienta tetap terasa empuk dan komponen elektriknya selalu bekerja dengan baik. Tentunya sebagian cara ini nantinya bisa kita kerjakan sendiri, sebab dalam hal merawat dan membersihkan komponen mobil tidak baik jika dilakukan atau menunggu waktu serivice rutin. Toh dalam merawat kendaraan tidak selalu diperlukan spesial tools, apalagi selama komponen ini masih terjangkau mata dan tangan kita. 

Berikut aturan cara merawat pintu geser mobil Toyota Sienta agar tetap awet, yang otojurnalisme himpun dari berbagai sumber, cek itu out

1. Perhatikan Kondisi Rel Pintu Geser

Ketika membersihkan rel pintu, sebaiknya menggunakan lap khusus yang lebih halus. Sebab kotoran kecil saja bisa mempengaruhi kondisi rel pintu. Gunakan lap bersih untuk membersihkannya jangan lupa semprotkan cairan khusus seperti pelumas semprot hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas. Perhatikan juga bagian-bagian dalam rel pintu geser, sering kali ada kotoran seperti daun yang masuk dalam bagian rel pintu geser.

2. Berikan Pelumas Gemuk

Selanjutnya kita bisa melakukan sendiri pelumasan menggunakan gemuk (sejenis pelumas pasta yang menggandung paraffin), hindari penggunaan gemuk yang menggandung oli karena oli sendiri akan membuat debu dan pasir mudah menempel.

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)