logo
Jumat, 07 Sep 2018 | 14:25

Ubah Kapasitas Ampere Aki, Ini Syaratnya

Penulis : Putri Amaliana - Editor : Zulfikar Noer
img1

(Foto: saft7.com)

Jakarta - Saat aki sudah mulai soak dan tidak kembali benar meski sudah di-chargeelectric starter pun sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Mungkin sudah saatnya kita mengganti komponen penyimpan listrik tersebut.  

Namun ketika melakukan proses penggantian aki, ada beberapa hal yang musti diperhatikan. Paling utama soal ampere aki itu sendiri. Baiknya disesuaikan dengan aki yang lama.

(BACA JUGA : MTT Turbine Superbike Y2K Melaju Dengan Kecepatan Diatas Rata-Rata)

Jika sebelumnya pakai aki kapasitas 5 ampere, maka aki pengganti juga 5 ampere. "Kalau memang ingin pakai ampere lebih tinggi, sebaiknya tak lebih dari 10%-15% dari aki lama," wanti Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Misal sebelumnya pakai yang 5 ampere, maka aki pengganti maksimal yang 7 ampere. Ini terkait pengisian balik aki nantinya. Logikanya, kondisi sepul yang standar dalam waktu satu jam hanya cukup isi 5 ampere. Maka ketika diganti terlalu besar, butuh waktu lebih lama untuk membalikan arus yang terpakai sebelumnya hingga aki penuh.

(BACA JUGA : Tolak Jabat Tangan Marquez, Rossi: Tidak Ada Masalah Antara Saya dengan Dia)

(BACA JUGA : Inilah Mobil Toyota Rakitan Indonesia yang Paling Laku di Luar Negeri)

Sedikit saran. Ketika melepas kabel aki dari terminal, baiknya dimulai dari kabel negatif. Sebab jika kabel positif bersentuhan rangka ketika kabel negatif masih terpasang, bisa menyebabkan hubungan singkat dan merusak sel-sel yang ada di aki.

Proses pasang, kebalikan dari membuka ya. Ya, kabel positif lebih dulu ketimbang negatif. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)