logo
Kamis, 23 Aug 2018 | 20:35

Ini Dia, Tips Merawat Rem Cakram

Penulis : Putri Amaliana
img1

Jakarta - Rem cakram (disk brake) adalah sebuah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern, salah satunya adalah motor. 

Berbeda dengan tromol, cara kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang dipasangkan pada hub atau ace roda, dan untuk menjepit cakram tersebut digunakan kaliper yang digerakan piston untuk mendorong brake pads (sepatu rem) agar menjepit cakram ketika tuas rem ditarik.

Ternyata, perawatan rem cakram tidak terlalu sulit kok, karena jenis rem ini sangat mengandalkan piston yang erat hubungannya dengan pelumas, kamu harus rutin mengecek kondisi saluran dan minyak remnya. 

(BACA JUGA : Tips Merawat Motor Matic Agar Tetap Ngacir)

Karena jika saluran minyak tersumbat atau kondisi minyak sudah kotor dan encer, kinerja dari piston pun akan menurun sehingga kepakeman rem akan berkurang. Dalam kondisi normal rem cakram bisa awet selama tiga sampai lima tahun tergantung bagai mana cara perawatan dan pengunaannya.

Sama seperti rem tromol, kanvas rem cakram juga rentan kemasukan air hujan, debu, dan kotoran lainnya yang bisa menyebabkan pengereman tidak berfungsi maksimal. 

Jadi kamu juga harus rajin-rajin membersihkan bagian tersebut, jika tidak ingin repot cukup dengan membawa motor Honda kesayangan kamu ke bengkel resmi Honda, tidak lupa minta agar seal piston diganti dengan yang baru untuk menghindari adanya resiko kebocoran minyak rem.

(BACA JUGA : Prediksi MotoGP Inggris 2018, Siapa Jawaranya, Marquez, Rossi atau Lorenzo ?)

(BACA JUGA : Ganti Accu Dengan Ampere Lebih TInggi, Ini Syaratnya)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter