logo
Selasa, 03 Apr 2018 | 09:23

Lepas Penutup Rantai Sepeda Motor, Belum Tahu Fungsinya Ya ?

Penulis : Adithya Nurcahyo
img1

Jakarta - Setiap unit motor baru pasti dilengkapi dengan perangkat penutup rantai, letaknya sejajar dengan lengan ayun, diatas rantai penggerak. 

Namun sangat disayangkan banyak bikers membuka penutup tersebut dengan alasan lebih simpel dan minimalis.

Kalau tahu manfaatnya, pasti tak ingin membukanya.

Karena selain menjaga kaki dan celana pengendara dan pembonceng terselip diantara rantai dan sproket, ternyata punya kegunaan lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Iphay, mekanik dari Fortune Speed Shop yang markasnya di Kebagusan Raya. 

"Semua piranti yang menempel pada motor pasti ada manfaatnya, untuk penutup rantai sendiri manfaatnya adalah sebagai penghalang agar kotoran yang dikeluarkan oleh rantai misalnya seperti bekas pelumas itu bisa tertahan, karena kotoran tersebut bisa merusak as suspensi," ucapnya.

Jika menurut anda part tersebut merusak penampilan, Iphay juga memberikan alternatif lain jika kurang suka dengan bentuk penutup rantai bawaan motor.

"Sebenarnya ada alternatif agar penampilan tetap benarik, saat ini ada juga penjual aksesories yang menjual part tersebut, ada yang bahan alumunium sampai plastik, kisaran harga Rp 30.000an," pungkasnya. (otojurnalisme.com)

 

SHARE THIS ARTICLE :

Video

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter