logo
Jumat, 27 Nov 2020 | 21:22

Lampu Sein Mati Sebelah, Jangan Anggap Enteng! Yuk Cari penyebabnya

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Otojurnalisme - Tidak mungkin ada asap jika tidak ada api. Seperti halnya lampu sein pada motor, tidak mungkin mati sebelah apabila tidak ada penyebabnya. Ketika sein pada motor mati, Anda harus segera mencari penyebabnya dan memperbaikinya.

Ada beragam penyebab sein pada motor Anda mati sebelah yang harus dikenali untuk keamanan saat berkendara. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan sein pada motor Anda mati sebelah, diantaranya sebagai berikut.

Saklar yang Kotor

Kemungkinan pertama yang menyebabkan sein motor Anda mati sebelah adalah karena saklarnya yang kotor. Anda dapat memeriksanya sendiri dengan cara menggerakan saklar tersebut. Apabila ketika digerakkan saklar bergerak sesuai yang Anda arahkan, maka artinya masih berfungsi dengan baik.

Jika saklar yang Anda gunakan tidak membuat sein menyala, artinya tidak ada aliran listrik yang mengalir pada saklar tersebut. Aliran listrik pada saklar dapat tersendat karena kondisinya yang kotor atau rusak. Oleh sebab itu, saklar tidak dapat mengirimkan sinyal dan membuat sein mati sebelah.

Flasher Sein yang Rusak atau Kotor

Penyebab kedua yang dapat membuat lampu sein motor mati sebelah adalah flasher sein yang rusak atau kotor. Perlu Anda ketahui bahwa fungsi dari flasher sein adalah untuk membuat sein motor berkedip. Sirkuit listrik yang ada dalam flasher lah yang mengatur arus agar membuat kedipan pada sein motor.

Apabila Anda ingin mengetahui apakah flasher sein mengalami kerusakan atau tidak, ada dua cirinya yang dapat dikenali. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa flasher rusak adalah sein motor terus menyala tanpa berkedip dan lampu sein tidak menyala atau mati sebelah.

Sein motor yang terus menyala tanpa berkedip menjadi tanda bahwa flasher sein yang rusak terjadi pada sirkuit tengah ketika titik sentuh dalam posisi bertemu. Sementara jika sein motor tidak menyala artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah tersebut berpisah.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

mobil motor otojurnalisme
Senin, 18 Jan 2021 - 10:31 wib
Jadwal dan Lokasi Uji Emisi Mobil Motor, Gratis!

Top Artikel Kolumnis


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)