logo
Minggu, 28 Jun 2020 | 19:55

Cara Mangatasi Overheating Pada Sepeda Motor, Ternyata Kuncinya di Oli

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Otojurnalisme - Salah satu masalah pada sepeda motor adalah overheat atau suhu mesin yang menjadi sangat panas.

Jika masalah panas berlebihan terus terjadi akan berdampak buruk pada mesin motor.

Salah satunya, motor kurang bertenaga meskipun, jika motor kurang bertenaga tentu akan merepotkan kita saat dijalan terlebih jika jalanan menanjak.

Jika motor kamu mengalami panas yang berlebihan langkah pertama yang harus dilakukan mematikan mesin dan mendinginkannya. Di luar itu, ada juga beberapa cara sederhana agar motor terhindar dari overheat.

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah overheat adalah, dengan memanaskan motor selama dua hingga tiga menit sebelum melakukan perjalanan. Tujuannya agar oli tersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

Cara kedua adalah fokus pada sistem pendinginan. Jika motor menggunakan sistem pendingin cairan, maka biasakan mengecek cairan pendingin secara teratur.

Biasanya pabrikan sepeda motor selalu menyediakan cairan pendingin yang disesuaikan dengan jenis sepeda motornya. Selain itu, tentunya Anda juga harus rajin membersihkan radiator.

Yang paling penting dalam menjaga motor agar terhindar dari over heat adalah dengan melakukan penggantian oli secara rutin.

Sebagaimana diketahui, overheat salah satunya terjadi karena oli tidak mengalir dengan baik. Jika oli mesin diganti secara rutin, maka kualitas oli mesin akan terjaga kualitas dan kadarnya selama pemakaian sepeda motor.

SHARE THIS ARTICLE :

Suzuki XL 7

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
ZonaVanza
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)