logo
Selasa, 09 Jul 2019 | 07:04

Tips Mengendarai Motor Matic di Jalan Raya Untuk Pemula

Penulis : Ricky
img1

Jakarta-Motor matic memang menjadi salah satu motor yang paling mudah dikendarai, bahkan penggunanya tidak hanya wanita tapi juga laki-laki.

Meski mengendarai motor matic sangat mudah, tidak bisa sembarangan, terutama bagi yang baru menggunakan motor matic atau pemula.

Menggunakan motor matic berbeda dengan motor bebek atau motor sport, karena motor matic tidak ada tuas kopling dan transmisi. Sedangkan motor matic hanya tinggal putar gas saja.

 

Buat kamu yang baru pertama kali atau baru pakai motor matic, berikut tips panduan mengendarai motor matic di jalan raya untuk pemula.

Pahami Semua Fiturnya
Sebelum memutuskan berkendara motor matic di jalan raya, sebaiknya kamu harus memahami fitur-fitur yang terdapat pada motor matic.

Terutama pahami penggunaan rem depan dan belakang. Untuk sepeda motor matic semua remnya berada di tangan atau stang motor, tidak seperti motor bebek, di mana rem belakang berada di kaki kanan dan rem depan di tangan kiri.

 

Sedang untuk rem motor matic, untuk rem roda belakang berada di stang bagian kiri dan rem depan berada di stang atau tangan bagian kanan.

Untuk beberapa motor matic memiliki fitur side stand switch terutama motor matic Honda. Sebelum menghidupkan mesin dengan elecktrik starter, pastikan standar samping sudah dinaikan, karena jika tidak dinaikan, motor tidak akan bisa menyela karena memiliki sensor atau fitur side stand switch.

Untuk menghidupkan motor matic juga harus menarik salah satu tuas rem, jika salah satu tuas rem tidak ditarik, maka motor tidak bisa dihidupkan meski standar samping sudah dinaikan.

 
SHARE THIS ARTICLE :

Parade 7 Seater

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter