logo
Selasa, 07 May 2019 | 11:25

5 Langkah Supaya Mudik 2019 Aman dan Selamat Sampai Kampung Halaman

Penulis : Ricky
img1

mudik pakai motor ./ foto okezone

Jakarta-Mudik menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia, moda transportasi yang gunakan beragam, mulai mobil pribadi, angkutan umum sampai sepeda motor.

Buat kamu yang mau mudik 2019 pakai sepeda motor, harus tetap waspada dan berhati-hati, selalu utamakan keselamatan saat berkendara.

Meskipun pemerintah tidak menyarankan mudik pakai motor lebih baik ikut program mudik gratis 2019 dari berbagai perusahaan pemerintah maupun swasta.

 

Buat yang terpaksa harus mudik menggunakan motor, kamu wajib mengetahui 5 hal ini supaya perjanalan mudik pakai motor aman dan nyaman sampai tujuan.

1. Perawatan Berkala
Sebelum mudik, lakukan perawatan berkala pada sepeda motor kamu. Tujuannya untuk memastikan semua part yang digunakan masih berfungsi dengan baik, jika ada yang kurang baik bisa segera diganti dengan yang baru.

Part yang harus di perhatikan saat servis sebelum mduik adalah, ban, lampu-lampu, oli, filter udara, rem, rantai dan gir, radiator, minyak rem dan lain-lain.

 

2.Jangan Membawa Banyak Muatan
Kalau mudik menggunakan sepeda motor, ada baiknya muatannnya jangan berlebihan, karena muatan pada sepeda motor harus memenuhi syarat yang sudah diatur dalam PP RI No.74 tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

Peraturan tersebut dibuat bukan untuk menyusahkan pemudik yang membawa motor, tapi supaya pemudik yang pakai motor lebih aman dan nyaman dengan tidak membawa muatan banyak.

Karena jika membawa muatan banyak, risiko kecelakaan lebih besar, lantaran motor tidak stabil yang berlebihan muatan.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Selasa, 19 Jan 2021 - 10:17 wib
Yamaha Luncurkan Tiga Warna Baru R15
mobil motor otojurnalisme
Rabu, 20 Jan 2021 - 12:25 wib
Deklarasikan ZX25R-Indonesia (ZRI)

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)