logo
Selasa, 30 Apr 2019 | 18:52

Mudik Pakai Motor, Begini Triknya Supaya Irit Bahan Bakar

Penulis : Ricky
img1

Pengendara motor berboncengan / foto Wahana Honda

Jakarta-Kurang lebih satu bulan lagi, umta muslim merayakan hari raya idul fitri. Kalau sudah ngomongin idul fitri identik dengan mudik.

Mudik lebaran menggunakan speda motor memang paling praktis, karena bisa menyusuri jalan alternatif ketika macet.

Selain itu, mudik menggunakan motor juga bisa irit ongkos, tapi dengan catatan, motor yang digunakan benar-benar dalam kondisi prima.

 

Buat yang mau mudik menggunakan sepeda motor, supaya irit bahan bakar, berikut ini tipsnya.

Servis Motor
Mumpung waktu mudik masih sekitar 1 bulan lagi, ada baiknya servis motor kamu dari sekarang juga, tujuannya supaya jika ada komponen yang harus diganti bisa diganti.

Disarankan satu minggu sebelum pulang kampung, ada baiknya motor diservis lagi, untuk mengecek kondisi motor dan memeriksa kelistrikan.

Ganti Oli
Ganti oli satu minggu sebelum balik kampung, dengan menggunakan oli baru kinerja mesin bisa lebih optimal, tarikan tidak berat dan pastinya menjaga kestabilan mesin motor saat perjalanan jauh.

Ganti Ban
Jika kondisi ban sudah kurang bagus sebaiknya ganti ban, apalagi jika jarak yang ditempuh saat pulang kampung lebih dari 100 km.

Cara mengetahui ban harus diganti atau tidak cukup muda, pastikan Tread Wear Indikator (TWI) masih baik, namun jika TWI sudah rata atau sudah tidak terlihat lagi, tandanya ban harus diganti.

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)