logo
Rabu, 10 Apr 2019 | 18:48

5 Komponen Sistem AC Mobil, Saat Tidak Dingin Jangan Selalu Salahkan Freon!

Penulis : Adi Nugroho
img1

Komponen AC mobil yang wajib diketahui. Sumber: KarimunEstilo.com

Jakarta - Mengendarai mobil sudah pasti butuh banget yang namanya pendingin ruang kabin alias AC.

Apalagi negara tropis seperti Indonesia ini. Bayangkan saja naik mobil siang hari enggak pakai AC, rasanya pasti seperti masuk oven.

Untuk itu, kondisi AC mobil harus selalu dirawat. Jika tidak dingin, bisa mengetahui kira-kira komponen apa yang bermasalah.

BACA JUGA: Harga Pelek Mitsubishi Xpander 6 Jutaan

Agar tidak gaptek soal AC, simak nih penjelasan di bawah ini. 

1. Kondensor

Kondensor pada sistem AC mobil berfungsi untuk mengkondensasikan media pendingin di dalam sistem. Nah di sini tempatnya freon, freon diubah menjadi bentuk cair di dalam kondensor ini.

2. Kompresor

Kompressor AC mobil berfungsi untuk mengalirkan refrigerant freon media pendingin di dalam sistem AC mobil. Kompresor AC mobil umumnya digerakkan oleh mesin mobil itu sendiri.

3. Evaporator

Evaporator berfungsi menyerap panas yang dibawa oleh udara sehingga udara setelah melewati evaporator menjadi dingin. Jumlah panas dari udara yang diserap oleh evaporator jumlahnya akan sama dengan jumlah panas yang dibuang ke udara pada kondensor AC. Jika tidak sama gangguan pada sistem AC ini dapat menyebabkan sistem AC menjadi tidak dingin.

4. Filter atau dryer

Filter atau dryer pada sistem AC berfungsi untuk menyaring partikel kotoran di dalam sistem. Filter atau dryer juga menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapatmenyumbat saluran-saluranyang ada, sehingga dapat mengganggu kerjanya sistem AC. 

5. Katup expansi

Katup expansi pada sistem AC berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin. Refrigan atau freon yang berbentuk cair bertekanan tinggi diubah menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut.

(otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)