logo
Minggu, 07 Apr 2019 | 16:05

Gejala Kerusakan V-Belt Motor Matic, Seperti Ada Suara Tikus

Penulis : Adi Nugroho
img1

Kondisi V-Belt harus diperhatikan agar laju motor tetap prima


Jakarta - Saat ini motor matic sangat populer karena menjadi pilihan utama konsumen saat membeli sepeda motor. Kemudahan dalam berkendara menjadi salah satu alasannya. Tinggal gas, rem saja ya bro.

Meskipun mudah mengendarainya, tapi tidak boleh melupakan cara perawatannya. V-belt sebagai salah komponen yang menyalurkan putaran mesin ke roda belakang, harus selalu diperhatikan kondisinya.

BACA JUGA:  Berburu Sedan Menengah Atas Harga Rp 120 - 150 Juta, Pilih Camry atau Mercy?

Jika V-belt sudah aus, laju motor bisa loyo. Tidak bisa diajak ngebut. Agar laju motor matic kamu selalu prima, ingat-ingat gejala V-belt yang sudah waktunya ganti berikut ini.

Sepeda motor bergetar saat motor berjalan. Penyebabnya ada keretakan yang terjadi di V-Belt. Beberapa kasus bisa muncul seperti suara tikus ciit, ciiit, ciit keluar saat tarikan pertama mengendarai sepeda motor.

Tarikan motor yang berat juga menjadi salah satu faktor gejala kerusakan V-Belt. Putaran mesin (rpm) sudah tinggi namun motor tidak dapat berlari dengan semestinya. Suara mesin nggerung saja. 

Selain usia V-Belt yang sudah lawas, faktor lain yang bisa menyebabkan putusnya V-Belt adalah beban penumpang atau beban yang di bawa berlebih. 

Cara mengendarai yang salah juga bisa memperpendek umur V-Belt. Contohnya saat start langsung membejek gas secara berlebihan. Karena sering melalui jalur tanjakan juga bisa memperpendek umur V-Belt.

(otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter