logo
Selasa, 14 Feb 2017 | 11:16

Jahatnya Air Aki, Bikin Rangka Karatan

Penulis : Mohammad Ghalib - Fotografer : Mohammad Ghalib
img1

Efek Rangka Motor yang Terkena Air Aki

Jakarta - Air aki akan menjadi positif fungsinya jika sesuai dengan kebutuhannya. Namun akan menjadi jahat jika tumpah dan terkena rangka motor. Hal itu dirasakan oleh Rayan, pengguna Yamaha Jupiter MX asal Bogor. Rangka dan tangki bahan bakar terkena tumpahan air aki karena lubang pembuangannya tidak normal. 

Hal itu juga pernah dirasakan Iphay, pengguna Yamaha Jupiter Z asal Jakarta. Dirinya pernah merasakan hal yang sama, malah sampai terkena swing arm.

Besi akan kalah dengan air aki, karena air tersebut mengandung asam sulfat yang mengakibatkan korosi atau karat. Tumpahan air aki itu timbul dari hasil penguapan akibat aki yang dialiri arus listrik.

Untuk mengatasinya sangat mudah, pemilik motor harus selalu mengecek bagian aki tersebut. Hal utama yang harus dicek adalah bagian saluran pembuangan apakan sudah bekerja dengan benar apa belum.

"Minimal setiap service berkala saluran tersebut harus selalu di cek, biasaya permasalannya pada selang salurannya yang bocor. Sedikit saja rangka terkena air aki itu bisa fatal, efeknya akan langsung korosi atau karat, mau tidak mau harus dicat lagi agat kembali rapih," ujar Chomenk, mekanik dari Fortune Tech, Jakarta. (otojurnalisme.com)

 

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

mobil motor otojurnalisme
Minggu, 17 Jun 2018 - 22:55 wib
Imam Darto Demam Bebek 2 Tak

Top Artikel Kolumnis

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter