logo
Rabu, 20 Mar 2019 | 02:07

Alasan Kenapa Berkendara Jarak Jauh Malam Hari itu Sangat Berbahaya

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Foto : Videoblocks

Jakarta - National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyebutkan kematian di jalan meningkat tiga kali lipat pada malam hari.

Hal ini karena ketika malam kemampuan mata untuk membedakan warna, dan mempersepsikan kedalaman, termasuk penglihatan tepi akan berkurang.

Sorotan lampu depan dari kendaraan yang melaju pun dapat membutakan pengemudi untuk sementara waktu.

Hasil penelitian lain menyebutkan jika rata-rata manusia saat mengemudi butuh waktu sekitar 1,25-2 detik untuk melihat objek yang tidak terduga, mengenalinya dan bertindak.

Baik untuk memperlambat mobil atau menjauhkannya dari objek.

"Jam biologis ditakdirkan Tuhan bahwa malam hari kondisi akan menurun karena oksigen juga mengecil, sistem pencahayaan atau visibilitas jadi menurun," jelas Jusri Palubuhu, Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Jusri mengatakan jika kondisi malam akan sama berbahaya jika berkemudi di jalan umum maupun jalan bebas hambatan, apalagi yang kurang pencahayaan.

"Sistem pencahayaan penerangan jalan lebih buruk di malam hari daripada siang. Kalaupun ada lampu penerangan juga pasti gelap di malam hari. Konteks safety driving tidak ada pengecualian, kalau malam itu berhenti," kata Jusri lagi.

Ia menambahkan bahwa sepinya kondisi lalu lintas malam juga membuat otak berpikir monoton, sehingga menyebabkan rasa bosan yang menimbulkan rasa kantuk.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Selasa, 19 Jan 2021 - 10:17 wib
Yamaha Luncurkan Tiga Warna Baru R15
mobil motor otojurnalisme
Rabu, 20 Jan 2021 - 12:25 wib
Deklarasikan ZX25R-Indonesia (ZRI)

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)