logo
Jumat, 22 May 2020 | 19:00

Cara Memastikan Udara yang Keluar dari AC Mobil Bersih

Penulis : Tigor Sihombing
img1

otojurnalisme - Untuk kamu yang memiliki mobil, komponen AC harus rutin dicek kondisinya.

Karena akan mempengaruhi kualitas udara yang dikeluarkan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan AC mobil kamu baik-baik saja.

Pertama, segera ganti komponen yang rusak, jangan ditunda supaya akibatnya tidak berkesudahan. Misalnya, freon atau selang rusak yang ditunda perbaikannya memperburuk kondisi komponen tersebut.

BACA JUGA : Berburu SUV Turbo Amerika, Bekasnya Cuma Rp 150 Juta

Kedua, perharikan kekuatan hembusan angin AC. Pernah merasa kalau hembusan udara dari AC kurang maksimal? Hal ini biasanya disebabkan oleh fungsi blower yang tidak optimal. Segera cek ke bengkel langganan atau ke tempat khusus perbaikan AC mobil.

Ketiga, udara dingin dari hembusan AC tentunya membuat kondisi kabin menjadi nyaman. Tapi, jika hembusan udara kadang terlalu dingin atau malah sebaliknya, tentu saja hal ini akan mangganggu kondisi penumpang dan pengemudi. Kondisi abnormal ini biasanya disebabkan oleh tidak stabilnya refrigerant.

Keempa, saat mesin mobil dihidupkan dan AC dalam keadaan mati, kemudian terdengar suara mirip ketukan, maka hal ini menunjukkan bahwa kompresor mengalami masalah.

Kelima, kita perlu memahami bahwa komponen yang berada di dalam mobil merupakan suatu sistem yang saling berkaitan. Jika terjadi kerusakan pada AC, kita juga harus melakukan pengecekan terhadap komponen lain, misalnya radiator. Kotoran yang ada pada bagian radiator akan mempengaruhi sirkulasi udara pada AC.

SHARE THIS ARTICLE :

Suzuki XL 7

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Rider
Rider
ZonaVanza
ZonaVanza
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)