logo
Selasa, 13 Aug 2019 | 09:10

Motor Bensin vs Motor Listrik, Mana Lebih Ekonomis Dalam Berkendara?

Penulis : Adi Nugroho
img1

Listrik vs Bensin akan membuat pengemudi mengitung lebih efisien mana dalam berkendara. Foto: selera


OtoJurnalisme - Terlepas dari pro dan kontra kendaraan listrik, Indonesia mau tidak mau akan memasuki era kendaraan listrik dengan ditandai beberapa pabrikan yang bahkan sudah menjual kendaraan listrik.

Selain itu, Peraturan Presiden (Pepres) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) pun sudah ditandatangani presiden Jokowi.

Namun penggunaan teknologi terbaru dalam berkendara tidak membuat kendaraan listrik terbilang murah untuk dibeli.

BACA JUGA: Plus Minus Sepeda Motor Mesin Single Silinder vs Multi Silinder

Setidaknya jika dijual kepada masyarakat harga yang ditawarkan bisa melambung 40% lebih tinggi dari kendaraan yang ada pada umumnya.

Namun jika dilihat dari sisi daya penggerak antara listrik dan bensin, bisa membuat pengguna tergiur menggunakan kendaraan listrik pasalnya motor listrik terdiri dari 3 komponen, motor listrik, baterai dan kontroler.

Bensin VS Listrik

Jika berbicara jarak tempuh dan daya penggerak, misalnya saja motor PCX listrik yang dikenakan tarif Rp 1.650/kWh dengan waktu charger sekitar 4 jam dan baterai butuh sekitar 4,2 Kwh sehingga biiaya yang dikeluarkan sebesar Rp 6.930.

Sementara jarak tempuh PCX listrik dikendarai pada kecepatan konstan 40 Km/Jam maka bisa dipacu sejauh 69 km. Sementara jika digeber 60 km/jam, PCX listrik hanya bisa menempuh jarak 41 Km/Jam.

SHARE THIS ARTICLE :

Parade 7 Seater

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter