logo
Senin, 05 Dec 2016 | 18:50

NCAP Uji Dampak Bentur Suzuki Ignis, Lutut dan Paha Aman

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Zulfikar Noer
img1

NCAP merilis hasil uji dampak bentur Suzuki Ignis. (foto: carwale.com)

India - Sama seperti Indonesia, Maruti Suzuki (Suzuki India) juga sudah tidak sabar menungu peluncuran Suzuki Ignis di negaranya. Tapi pastinya sebelum kedua negara ini resmi menerima Ignis di jajaran small SUV mereka, enggak ada salahnya menyimak hasil laporan dari badan keamanan keselamatan kendaraan eropa yang dilakukan oleh Eouropean New Car Assessment Programme (NCAP).

Dalam uji dampak bentur yang dilakukan NCAP, Suzuki Ignis versi standar memperoleh hasil 3 bintang dalam tes kecelakaan tersebut. Adapun varian lainnya, yang memiliki fitur keselamatan lebih tinggi (safety pack) Suzuki Ignis berhasil menorehkan 5 bintang, sebagai rating tertinggi pada test tersebut.

"Ruang penumpang dari Ignis tetap stabil diuji tabrak yang dilakukan dari depan. Hasil ini menunjukkan perlindungan yang baik pada lutut dan tulang paha pada pengemudi dan penumpang. Suzuki Ignis menunjukkan bahwa tingkat perlindungan yang sama akan diberikan kepada penumpang dengan ukuran yang berbeda, walau mereka berada di posisi berbeda,” demikian yang di laporkan NCAP yang di tulis pada harian online carwale.com.

Suzuki Ignis di Eropa menyematkan double airbag depan sebagai proteksi kepala, panggul, dan dada yang hasilnya lumayan memuaskan, dalam uji coba ini Suzuki Ignis telah dilengkapi sebelumnya dengan ISOFIX (kursi keselamatan untuk anak), airbag, dan pengingat sabuk pengaman.

Selain itu, Suzuki Ignis Eropa juga memiliki fitur keselamatan pendukung berkendara lengkap seperti AEB (Autonomous Emergency Braking), yang meliputi pemetaan lalu lintas dalam kota dan luar kota, sistem penunjuk jalan, sistem keselamatan pejalan kaki dan sistem pengereman jalan raya yang tersingkronisasi melalui sinyal.

Rencananya Maruti Suzuki Ignis di India akan tersedia dua varian bensin dan mesin diesel. Versi bensin akan didukung oleh mesin K-Series 1,2-litre, sedangkan versi diesel mungkin mengusung mesin DDiS berkapasitas 1.3-litre. Keduanya akan tersedia dalam pilihan transmisi manual dan  CVT.

Adapun peluncuran di India nanti akan di lakukan pada awal tahun 2017 nanti. Begitupun dengan Indonesia dimana konon PT Suzuki Indomobil Sales  akan meluncurkan SUV mungil ini di bulan Februari 2017 nanti, sebelum atau sesudah kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid? (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter