logo
Kamis, 04 Jul 2019 | 18:45

Inilah Alasan Mengapa Bagian Atap Mobil Memiliki Garis, Sungguh Besar Manfaatnya!

Penulis : Adi Nugroho
img1

Hampir kebanyakan mobil menggunakan panel atap yang memiliki garis di atasnya. Foto: best car

OtoJurnalisme - Kebanyakan mobil-mobil yang ditemui memiliki garis besar pada bagian atapnya terutama pada mobil minivan, SUV, MPV dan bahkan kendaraan komersil seperti pick up.

Selain digunakan untuk menyalurkan aliran air hujan, adakah alasan lain mengapa banyak pabrikan menggunakan design garis pada atap kendaraan?

Mobil dalam kategori seperti minivan, SUV, dan kendaraan komersil memiliki luas atap yang besar dan biasanya memiliki garis pada atapnya ternyata memiliki fungsi keselamatan.

BACA JUGA: 10 Tahun Ke Depan, Irlandia Larang Penjualan Kendaraan Konvensional

Panel atap adalah area terbesar di antara panel mobil lainnya, demi menjaga keselamatan dari bahaya rusak dan atap yang roboh karena terlalu besar garis pada atap tersebut memberikan tambahan kekuatan dan kekakuan untuk area atap.

Kurangnya kekuatan atap dapat menyebabkan mobil dengan mudah bergetar dan suara atap yang sangat mengganggu pengendara dan penumpang.

Salah satu cara lain adalah dengan memberikan atap panel yang lebih tebal namun kekurangannya adalah beban kendaraan akan semakin berat dan mengemudi akan menjadi sulit karena mobil tidak stabil.

BACA JUGA: Bahaya Jika Berkendara Dengan Ban Depan Tipis Dibanding Ban Belakang, Ini Penjelasannya Guys?

Beberapa pabrikan mobil mewah bahkan menggunakan serat karbon untuk area atapnya untuk membuat berat kendaraan menjadi ringan.

SHARE THIS ARTICLE :

Suzuki XL 7

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)