logo
Senin, 24 Oct 2016 | 12:56
Apparel

Pebalap MotoGP Wajib Pakai Airbag di Musim 2018

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Zulfikar Noer
img1

Demi meminimalisir cidera pada pebalap akibat kecelakaan, komisi keselamatan MotoGP mengubah sedikit mengenai mekanisme perlindungan keselamatan pebalap. (foto: Alpinestars)


Motegi – Balap MotoGp tidak hanya menjadi ajang uji prototype motor sport. Dimana pada akhirnya teknologi-teknologi yang berkembang pada balap tersebut akan juga diaplikasi pada motor sport produksi masal masing-masing pabrikan.

Begitu juga dengan apparel pebalap yang semakin canggih. Baru-baru ini komisi keselamatan MotoGP mengadakan pertemuan di Motegi dan memutuskan untuk mengubah sedikit mengenai mekanisme perlindungan keselamatan pebalap.

Aturan barunya telah diputuskan bahwa semua pebalap harus menggunakan baju balap berpelindung airbag mulai 2018.

Media Autoevolution menulis, keputusan ini muncul setelah diskusi dengan produsen perlengkapan berkendara yang terlibat dalam kejuaraaan. Penggunaan perlengkapan keselamatan berkantung udara dinilai menjadi langkah cerdas.

Teknologi pengembangan wearpack ber-airbag ini sudah dipelopori oleh Alpinestars dan Dainese. Dimana nantinya teknologi ini akan menjadi perlindungan pasif bagi rider ketika terjadi benturan akibat kecelakaan. Jaket berkantung udara secara drastis mengurangi cedera pada tulang selangka dan bahu.

Sistem airbag menggunakan algoritma yang dapat mendeteksi kecelakaan. Kantung udara akan mengembang penuh dan melindungi bagian tubuh pengendara sebelum terjadi benturan. Perlindungan akan menutupi bagian belakang, dada dan bahu. Diharapkan dengan adanya teknologi terbaru ini angka cidera pada pebalap akibat kecelakaan dalam balap paling bergengsi di dunia ini akan berkurang.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Rilis
Rilis
ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
Elang
Elang
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
SW218
SW218
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter