logo
Minggu, 23 Oct 2016 | 07:20
MotoGP

Siap Dengan Balapan Flag-To-Flag, Pit Crew Marc Marquez Pakai Helm

Penulis : Zulfikar Noer - Editor : Zulfikar Noer
img1

Tim Repsol Honda menjadi tim MotoGP pertama yang memulai perlengkapan keselamatan baru bagi pit crew selama sesi flag-to-flag. (foto: MotoGP)

Cuaca di sirkuit Phillip Island, Australia suka tak terduga, balapan pun jadi ikutan ganti strategi. Ya, balapan MotoGP kini menerapkan flag-to-flag alias boleh ganti motor saat cuaca berubah menjadi hujan atau kebalikan.

Salah satu poin penting dalam balapan adalah mempersingkat waktu, untuk itu flag-to-flag juga jadi hal yang tidak kalah penting.

Masing-masing pebalap punya gaya unik dalam hal ini, salah satunya Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol tersebut suka langsung lompat untuk berpindah motor tanpa menapak bumi terlebih dahulu, secara hitungan waktu memang lebih cepat dari pebalap MotoGP lainnya.

Karena gayanya yang unik tersebut tim Repsol Honda memulai debutnya di sirkuit Phillip Island dengan menggunakan helm untuk masing-masing pit crew-nya, yang bertugas memegang motor Marquez. Dari segi keamanan jelas hal ini menjadi nilai positif, pasalnya pada seri Argentina Alvaro Bautista pernah menabrak salah satu pit crew-nya saat melakukan flag-to-flag, untuk itu helm menjadi perlengkapan wajib untuk musim depan.

Aturan baru lainnya pada musim depan yaitu dengan membatasi jumlah mekanik menjadi tiga orang di sekitar motor pengganti, upaya untuk mengurangi jumlah orang yang ada di pit lane selama prosesi flag-to-flag.

Wah, sudah kaya balapan F1 dong.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter