logo
Senin, 22 Jan 2018 | 18:14

Meski Satu Platform, Mitsubishi Xpander dan Nissan Lavender Akan Tetap Bersaing

Penulis : Bagja Pratama
img1

Jakarta - Melihat kepopuleran Mitsubishi Xpander yang begitu antusias disambut masyarakat Indonesia, tidak membuat Nissan jadi latah dan bergegas mengikuti jejak Mitsubishi. 

Apalagi, seperti kita tau, Mitsubishi sudah dimiliki Nissan, dan mereka saling berbagi platform untuk low MPV-nya. Salah satunya, rumor tentang rencana Nissan untuk menjadikan platform Mitsubishi Xpander sebagai cikal bakal Grand Livina baru, atau yang ramai diplesetkan sebagai Nissan "Lavender".

Mitsubishi Xpander sendiri merupakan model pertama dari aliansi antara dua pabrikan Jepang itu, dan bahkan Mitsubishi akan menyerahkan hasil risetnya mengenai Xpander kepada Nissan untuk dimanfaatkan menjadi produk baru berlabel Nissan.

"Saya tahu, saya sudah melihat Xpander, tapi Nissan tetap kompetitor Mitsubishi meski ada dalam satu aliansi. Dan saya tidak bertanggung jawab pada penjualan Mitsubishi," ujar Head of Marketing and Sales Nissan Motor Asia Pasific Vincent Wijnen.

Saling menjaga rahasia pengembangan produk pun, bakal terus diperketat agar tidak saling mencontek meski berada dalam satu aliansi. Wijnen menganggap, membentuk aliansi itu bukan berarti membentuk satu perusahaan. "Kami tetap bersaing," tambahnya.

Di Eropa Nissan tetap berkompetisi dengan Renault, begitu juga di Indonesia, Datsun tetap merek yang berbeda dengan Nissan dan saling berkompetisi.

SHARE THIS ARTICLE :
logo

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter