logo
Kamis, 02 Feb 2017 | 12:55

Menginjak Usia 20 Tahun, NCAP Eropa Perluas Uji Dampak Kecelakaan Menjadi Potensi

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Perbandingan uji bentur Honda Jazz terbaru dan Honda Rover rakitan tahun 1997.


INGGRIS - Tahukah anda, ternyata uji crash test atau uji bentur untuk melihat dampak kecelakaan pada penumpang dalam kendaraan yang dilakukan oleh lembaga keselematan berkendara ternyata telah menyelamatkan jutaan jiwa di seluruh dunia.

Uji crash test memang merupakan palang pintu terakhir, sebagai lembaga kontrol dimana mobil harus benar-benar aman melindungi penumpang dan orang lain di sekitarnya jika terjadi kecelakan.

Salah satu lembaga pengujian kendaraan yang konsisten di bidang ini adalah New Car Assessment Programme (Euro NCAP), yang kini telah memiliki perwakilan di seluruh benua, untuk menjangkau pengujian mobil-mobil baru di seluruh dunia.

Menurut sumber, lembaga NCAP Eropa sejak berdiri 20 tahun lalu telah berpotensi menyelamatkan sekirannya 15.000 jiwa. Dan berhasil menurunkan angka kematian akibat kecelakaan dan luka-luka hinga 63%.

Contoh sederhanyanya persis apa yang tertera pada foto di atas. Dimana Honda Rover terbitan Eropa lansiran tahun 1997 dibandingkan dengan Honda Jazz terbaru, setelah mengalami evolusi keselamatan selama 20 tahun, terlihat kompartemen kabin dalam Honda Jazz terlihat masih utuh dan melindungi penumpang di dalamnya dengan baik, ketika melakukan uji bentur dalam kecepatan 60kpj.

Tapi kita lihat Honda Rover 20 tahun yang lalu, hancur berantakan pada kompartemen yang tidak mampu melindungi dengan baik penumpang dalam.

Dari hasil uji ini, biasanya pabrikan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan mobil terutama dalam faktor perlindungan keselamatan pengemudi dan orang di sekitarnya, untuk menjadi mobil yang layak digunakan.

"Kita lihat pada mobil Rover, di mana pun anda duduk pasti anda mati,” kata Matthew Avery perwakilan Euro NCAP.

"Dalam kondisi mobil tersebut, sudah bisa dipastikan penumpang tidak bisa berjalan lagi, tapi jika di bandingkan Honda Jazz besar kemingkinan pemunpang hanya beresiko memar,” tambahnya.

Tidak hanya melindungi penumpang dalam dari potensi cidera parah, NCAP juga memngawasi dampak kecelakan yang diakibatkan mobil terhadap pejalan kaki dan pesepeda. NCAP melaporkan jumlah pejalan kaki dan pengendara sepeda tewas dan terluka di jalan Eropa kami juga telah turun 40% sejak tahun 1997.

Dengan sederet prestasi tersebut Euro NCAP tidak tinggal diam, melainkan terus meng-upgrade teknologi. Kini teknologi itu akan mengarah pada pengembangan system untuk menghindari tabrakan yang berpotensial terjadi. Jadi mobil baru wajib memiliki sensor tersebut sebagai standar keamanan mobil baru.

System ini rencananya bisa membantu mengurangi kecelakaan di persimpangan jalan dan meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pengendara sepeda. Jadi, syarat mobil buatan masal nanti yang terkait dengan segala system keamanan akan lebih diperketat. Rencanaya system ini digunakan mulai awal 2018. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Parade 7 Seater

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Minggu, 19 Jan 2020 - 09:54 wib
Melihat 9 Pilihan Warna All New Honda Beat
ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
ZonaVanza
ZonaVanza
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter