logo
Senin, 05 Dec 2016 | 11:05

Sambut Era Otonom, Jepang Rencanakan Perbaharui Undang-Undang

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Adithya Nurcahyo
img1

Kesempurnaan kendaraan otonom yang aman dan lebih baik. (Foto : BBC)

Jepang - Di Eropa, perlahan tapi pasti teknologi hybrid akan sepenuhnya menggantikan posisi bahan bakar minyak sebagai sumber penghasil gerak pada mesin. Begitupun dengan niatan untuk memproduksi kendaraan otonom pada system kendaraan angkutan masal.

Bicara otonom, Eropa juga telah siap lebih dulu menyambut era ini. Seperti Inggris yang kini sedang menguji dan mempersiapkan undang-undang untuk kendaran otonom, Jerman juga telah sampai titik uji coba teknologi berkendara tanpa supir dengan menggandeng perusahaan-perusahaan ekspedisi sebagai sarana uji coba.

Ketika semua negara Eropa beranggapan kendaraan nol emisi dan praktis sudah menjadi kebutuhan di masa depan. Asia juga terkena imbas positifnya. Ini terlihat seperti Jepang sebagai kiblat perkembangan otomotif komersil dunia, yang tadinya hanya gemar memproduksi “kendaraan cepat laku”, kini sudah mau memulai fokus menyambut era kendaraan otonom.

Seperti yang tertulis pada Asia Nikkei.com (1/12), Partai Demokrat Liberal Jepang sudah mengusulkan unutk membuat zona khusus untuk wilayah uji coba teknologi otonom. Sebab salah satu kendala perisetan otonom di Jepang adalah larangan menguji coba di tempat umum, yang beresiko kecelakaan bagi orang lain. Seperti pada bulan Juli lalu badan kepolisian nasional Jepang melarang uji coba kendaraan tanpa supir.

Lalu dengan adanya zona khusus yang di usulkan, dewan partai berharap riset bisa terus berlangsung untuk menuju tahap kesempurnaan kendaraan otonom yang aman. 

Dampak perubahan undang-undang ini diharapkan bisa mendorong ekonomi regional, yang diprediksi nilai investasinya mencapai 1 triliun yen dalam tiga tahun ke depan.

Usulan lainnya adalah dengan  memberi hal  dalam hal kemudahan birokrasi dan pinjaman yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan. Intinya sih, dimulai dari perubahan undang-undang mengenai kendaraan masa depan tersebut, terkait riset dan pengembangannya. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

mobil motor otojurnalisme
Jumat, 27 Nov 2020 - 18:15 wib
Mengenal Jenis-jenis Antena Radio Pada Kendaraan

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Rabu, 25 Nov 2020 - 10:25 wib
Yamaha Launching Motor Baru GEAR 125

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)