logo
Sabtu, 13 Jan 2018 | 10:07

Pilih Mana, Avanza Transmover atau Wuling Confero untuk Angkot?

Penulis : Bagja Pratama
img1

ilustrasi

Jakarta - Organda DKI mau menjadikan dua mobil fenomenal untuk dijadikan Angkutan Kota (angkot), yakni Avanza Transmover dan Wuling Confero. Toyota dan Wuling pun mengaku sudah dihubungi soal rencana ini. 

Nah untuk publik DKI, sebenarnya mau pilih mana untuk angkot terbarunya nanti yang tergabung dalam program OK Trip? Mau Avanza atau COnfero hayo?

Toyota sendiri mengaku, sedari awal memang menyiapkan Avanza Transmover sebagai mobil untuk bisnis dan komersil, salah satunya bisnis transportasi, yang sudah terkenal handal tapi harga jual dan biaya perawatan bisa lebih murah. 

Poin plusnya, pengusaha angkot maupun publik pastinya sudah mengenal dan mengetahui sosok Avanza, meski khusus untuk tipe Transmover ini, banyak terjadi pemangkasan-pemangkasan agar masuk kategori 'paket hemat'.

Kehandalan, konsumsi BBM, tampang dan kenyamanan, mungkin sudah tidak diragukan lagi. Sudah begitu harga jualnya juga terjangkau untuk pengusaha. Saat diluncurkan, Avanza Transmover dibanderol RP 143 jutaan. 

Dapat apa saja? Sudah pasti tampangnya yang tetap Avanza bakal minim aksesoris pendongkrak kemewahan seperti aksen krom. Baik grill sampai bumper semuanya minus krom. Selain itu, pelek sudah dipastikan berjenis pelek kaleng.

Kaca spion manual dan beda warna dengan bodi, serta buka tutup jendela yang dipastikan menggunakan tuas manual. Kalau AC dan power steering sepertinya sudah wajib, mengingat kebutuhan mobilitasnya nanti sebagai angkot di Jakarta yang macet.

Lalu bagaimana dengan Wuling Confero? Kita ambil gambaran yang akan digunakan adalah tipe terendah dari Confero, yang dari segi harga akan sangat-sangat murah, yakni RP 128 jutaan. Itu dengan sejumlah fitur yang beberapa bisa jadi tidak diperlukan di angkot, jadi harganya bisa lebih murah lagi.

Pelek kaleng, aksen krom tidak ada, pilihan hanya 8 jok kain, head unit bukan touchscreen, masih double din biasa. Rem belakang drum brake, serta fitur bawaan berupa ISOFIX, auto door lock by speed, safety child lock, pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan, yang sepertinya tidak akan terpakai untuk agkot.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter