logo
Senin, 29 May 2017 | 12:25

Menhub Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2017

Penulis : Mohammad Ghalib
img1

Menhub Cek Kesiapan mudik 2017 2017

Brebes – Jelang musim mudik 2017, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan cek kesiapan prasarana dan sarana ke beberapa titik di antaranya Gerbang Tol Keluar Brebes Timur atau dikenal dengan Brexit, flyover Dermoleng Ketanggungan dan Terminal Harjamukti Cirebon, Minggu (21/5).

Menhub mengatakan terdapat beberapa improvement yang signifikan terkait prasarana untuk menunjang arus mudik lebaran 2017.

"Melalui pengamatan saya ada beberapa improvement, yang pertama konstruksi jalan tol bertambah kurang lebih 110 km. Tadinya hanya keluar di Brexit, sekarang bisa keluar di Weleri. Kedua yang selama ini menjadi masalah di mana jalan tol atau pantura, apabila kita akan ke selatan arah Prupuk dan Purwokerto, itu empat lintasan sebidang yang sudah selesai dan akan efektif bulan Juni ini," terang Menhub seperti yang dikutip dari http://www.dephub.go.id.

Terkait penambahan ruas jalan tol sepanjang 110 km, Kepala BPJT Herry Trisaputra Juna menjelaskan ruas tersebut merupakan ruas tol fungsional dengan dua lajur in-concreate.

"Ini merupakan ruas tol fungsional dengan lebar 7 sampai 10 meter sehingga bisa dilalui kendaraan ringan satu arah pada saat mudik ke arah timur dan arus balik ke arah barat dengan kecepatan kendaraan 40-50km/jam. Fungsional maksudnya di sini bisa digunakan tapi belum dikenakan tarif atau tidak bayar," jelas Herry.

Lebih lanjut Menhub mengatakan beberapa skenario pengaturan jika terjadi antrian di jalur tol Cikampek Palimanan (Cipali). Jika antrian kendaraan mencapai 5 km, penutupan jalan akan dilakukan selama maksimal 2.5 jam. Namun jika antrian sudah mencapai 10 km, maka penutupan jalan akan dilaksanakan selama maksimum 6 jam sampai akses jalan nasional lancar.

"Jalan tol akan kita atur sesuai dengan kapasitasnya dengan menerapkan manajemen buka tutup jalan apabila terdapat panjang antrian sudah melebih yang kita tentukan dan mengarahkan pengguna jalan tol untuk keluar tol ke arah jalan non tol serta fungsional jalan Tol. Manajemen seperti ini akan kita lakukan sampai ke Cikarang," kata Menhub.

Menhub berpesan kepada pemudik untuk tidak bergantung pada satu jalan saja yaitu Tol Cipali, namun terdapat dua jalur lain yang dapat digunakan yaitu lintas utara dan lintas selatan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Polri bahwa Jawa Barat dan Jawa Tengah akan dikoordinir secara baik. Namun saya sudah sampaikan kepada pemudik bahwasanya jalan yang dapat diakomodasi ada tiga yaitu jalur selatan, tol cipali, dan pantura. Semua sama baiknya, jadi jangan bergantung pada satu jalan saja," ujar Menhub. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Suzuki XL 7

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)