logo
Rabu, 19 Aug 2020 | 21:59

Waspada Ban Terkunci Saat Pengereman, Ini Caranya Biar Aman

Penulis : Tigor Sihombing
img1
Otojurnalisme - Ban terkunci saat mengerem beresiko membuat pengendara motor kehilangan keseimbangan dan berdampak kecelakaan.
 
Menurut pakar Safety Riding Analyst Astra Motor, Michael Gerald Gozal, ban terkunci atau locking ini terjadi  pada saat traksi roda dengan permukaan aspal tak bisa maksimal.
 
Untuk penyebab ban terkunci pada saat mengerem ini sendiri ada banyak, misalnya kebiasaan melakukan pengereman mendadak.
 
Ban terkunci saat pengereman juga bisa terjadi karena permukaan aspal atau jalanan licin atau kualitas dari ban yang mungkin sudah aus. 
 
Sama halnya dengan pengereman mendadak tadi, dimana kondisi jalanan yang licin kualitas dari ban yang sudah aus tidak hanya menyebabkan ban terkunci saat mengerem, tapi juga sangat berbahaya buat kalian pengendara motor, pasalnya ban tidak akan bisa mencengkeram kuat pada aspal sehingga bisa membuat kalian tergelincir nantinya.
 
Mengetahui bahaya dari ban terkunci saat mengerem tersebut, maka Michael pun memberikan saran kepada para pengendara motor agar lebih waspada lagi dalam berkendara di jalanan.  
 
 
“Baiknya pengendara tidak melakukan pengereman sekuat tenaga meskipun dalam kodnsisi darurat, karena kebanyakan orang kaget pasti bakal melakukan hal tersebut,” kata Michael.
 
“Jadi masalahnya disini hanya latihan dan kebiasaan saja.” 
 
Michael menambahkan jika melakukan pengereman hanya menggunakan rem belakang saja sangat tidak direkomendasikan jika kalian sebelumnya berkendara dengan kecepatan 80 KM/Jam. 
 
Hal ini dikarenakan, jika kalian melakukan tindakan tersebut, maka ban belakang bakal sedikit mengangkat karena bobot bakal berpindah ke depan.
 
Selain itu, hal penting yang tak boleh dilupakan adalah teknik pengereman pada saat dalam jalan tikungan. 
 
Michael menganjurkan, agar bikers melakukan pengereman pada saat sebelum menikung. 
 
“Pada saat kalian berbelok di tikungan, maka permukaan ban yang menapak di aspal ini bakal berkurang, dan dalam kindisi ini maka peluang ban terkunci saat mengerem pun semakin besar,” tutupnya.
 
(otojurnalisme.com)
SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)