logo
Selasa, 16 Jul 2019 | 09:03

Aturan Belok Kiri di Lampu Lalu Lintas, Apakah Lampu Merah Boleh Langsung Belok?

Penulis : Cahyo Widhi
img1

Dilihat dahulu sebelum berbelok ya guys (foto: ridertua)


OtoJurnalisme - Ketika dijalan raya, sepertinya sudah menjadi kebiasaan ketika ada persimpangan, pengendara yang berada di jalur kiri dan ingin berbelok kearah kiri dapat langsung saja berbelok tanpa mengikuti isyarat lampu lalu lintas.

Tapi hal tersebut ternyata sekarang sudah tidak berlaku lho guys.

Yes, sudah ada Undang-undang yang mengatur mengenai hal tersebut.

Belok kiri telah dihapuskan, begini menurut peraturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Undang-undang No.22 Tahun 2009 Pasal 112 ayat 3:

Persimpangan jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), pengemudi kendaraan dilarang berbelok kiri, kecuali ditentukan oleh rambu lalu lintas atau APILL”

foto: instagram.com/polantasindonesia

Peraturan ini sebenarnya sudah disosialisasikan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia, tapi tampaknya karena kebiasaan, berbelok kiri langsung masih ramai dijumpai di persimpangan-persimpangan jalan raya nih guys.

Banyak juga yang belum mengerti, dan ketika kita berhenti di persimpangan karena mengikuti isyarat APILL malah diklakson oleh kendaraan lain yang ingin berbelok kekiri.

Hati-hati nanti bisa kena semprit sama Polisi Lalu Lintas karena melanggar ya guys.

Jadi, ketika kalian melewati persimpangan jalan, baiknya dilihat dulu ya guys apakah ada tanda boleh belok kiri langsung atau tidak. (otojurnalisme)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter