logo
Jumat, 17 May 2019 | 11:45

Perbedaan Reli Indonesia Dahulu dengan Sekarang

Penulis : Administrator
img1

Jakarta – Ajang kejuaraan reli di Indonesia pada tahun 80 - 90an sudah berbeda dengan sekarang. Ini dapat dilihat dari banyak hal, seperti misalnya regulasi teknis ataupun dari sisi mobilitasnya.

Jeffrey JP selaku mantan pereli dan navigator nasional era 80 dan 90-an  yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal IMI Pusat menceritakan mengenai reli yang pernah diikutinya lebih kurang 30 tahun lalu. 

“Bisa dibilang berbeda karena berbagai faktor. Reli saat itu sangat ramai dan banyak peminat.”

(BACA JUGA : Hadapi Mudik, Pertamina Tambah 112 Titik Layanan BBM di Jalur Tol Trans Jawa)

Terkait perbedaan yang dirasakan olehnya, Jeffrey menambahkan, “Kalau dulu model service area berpindah-pindah dan cenderung total SS lebih jauh karena lokasi penyelenggaraan yang digunakan lebih luas. Misalnya 1 etape rutenya bisa dari Medan hingga Parapat dan sebaliknya.”

Sementara di era sekarang, ada perubahan-perubahan yang mempertimbangkan banyak hal, seperti dari sisi efisiensi dan efektivitas, wisata, dan lain sebagainya. 

“Saat ini, di kancah reli  menggunakan sistem cloverleaf. Jadi service area berpusat di satu titik. SS-nya yang memutari service area.”

(BACA JUGA : 5 Jenis Bagasi Tambahan Yang Cocok Buat Mudik Lengkap dengan Harganya)

Tahun 90-an pun, World Rally Championship (WRC) juga sempat digelar di Indonesia yang menandakan sebagai puncak kejayaan reli di Indonesia. 

SHARE THIS ARTICLE :

Video

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter