logo
Minggu, 10 Feb 2019 | 17:00

Yuk Coba Bayar Pajak Kendaraan Online di Alfamart-Indomart

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Foto : Jabar Pemprof


Jakarta - Untuk urusan administrasi yang berhubungan dengan pajak di Indonesia memang juaranya lama, proses panjang, rumit dan berkelit, mungkin seperti itu anggapan sebagian orang.

Maka enggak heran dahulu pengguna kendaraan bermotor bisa merelakan satu hari cuti kerja mereka untuk hanya membayar pajak kendaraan.

Tapi sekarang sudah enggak lagi.

Termasuk dalam hal pembayaran pajak kendaraan, kini bisa dibayarkan di minimarket-minimarket terdekat di rumah Anda.

Adalah Samsat J’bret, yang merupakan salah satu dari Inovasi Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat dan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat yang dikemas dalam Perjanjian Kerjasama antara Tim Pembina Samsat Provinsi Jawa Barat dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. tanggal 29 November 2018, dengan Tag Line Samsat J’Bret (Samsat Jawa Barat Ngabret).

Seperti dilansir laman Ikatan Honda Motor Jawa Barat, adapun bentuk programnya adalah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor bisa dilakukan di Gerai Modern (minimarket) seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret dan pembayaran melalui Aplikasi Belanja Online seperti Bukalapak, Tokopedia dan Kaspro juga melalui Teller Bank BJB dan PPOB (Payment Point Online Bank).

Nah dengan adanya inovasi ini wajib pajak akan semakin mudah dalam mengakses Layanan Samsat hingga pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tidak lagi dilakukan secara konvensional di Kantor Bersama Samsat, akan tetapi bisa dilakukan di Minimarket (Gerai Modern) terdekat, di cabang-cabang pelayanan Bank BJB ataupun wajib pajak cukup melakukannya di rumah dengan cara melakukan pembayaran melalui Aplikasi Belanja Online yang transaksinya sangat mudah dilakukan.

Kemudian untuk Pengesahan STNK Tahunan dapat dilakukan secara elektronik di loket Customer Service Bank BJB tanpa menerbitkan STNK baru dan juga secara konvensional di seluruh Sentra Layanan Samsat dan di Unit Lantas Polsek di Daerah Hukum Polda Jabar.

Dokumen yang dikeluarkan adalah Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) yang berfungsi sebagai Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) untuk 1 (satu) tahun ke depan.

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

mobil motor otojurnalisme
Selasa, 23 Apr 2019 - 12:10 wib
Tips Membaca Kode Pada Kemasan Oli Mesin Mobil

Top Artikel Kolumnis

mobil motor otojurnalisme
Selasa, 23 Apr 2019 - 18:33 wib
DAM Konsisten Dukung Wadah Balapan Komunitas Honda
mobil motor otojurnalisme
Minggu, 21 Apr 2019 - 21:17 wib
Nissan IMQ Concept Gambarkan X-Trail Masa Depan.
ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
Rilis
Rilis
Elang
Elang
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter