logo
Jumat, 11 Nov 2016 | 00:05

Begini Cara Honda Jateng Peringati Hari Pahlawan

img1

Astra Honda Motor Jawa Tengah berikan pelatihan aman berkendara pada guru di Hari Pahlawan (Foto : Astra Honda Motor Jawa Tengah)

Brebes – Unik yang dilakukan Astra Motor Jawa Tengah memperingati Hari Pahlawan 10 November dengan cara memberikan pelatihan aman berkendara pada 100 orang pahlawan tanpa tanda jasa alias guru SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes tepat di tanggal 10 November.

“Kalau dulu banyak pahlawan dan penerus bangsa gugur dalam perperangan, sekarang mereka gugur akibat kecelakaan lalu lintas, karena tidak taat dalam berkendara di jalan raya,” jelas Oke Desiyanto, Safety Riding Analyst Astra Motor Jateng.

Perlu diketahui bahwa lokasi sekolah tersebut terletak di jalur utama pantai utara (Pantura) yang padat akan kendaraan seperti bus, truk bermuatan berat dengan kecepatan tinggi saat melaju.

“Posisi sekolah kami ada di jalur Pantura, dimana jalannya cukup lebar, dan lalu lintas selalu ramai. Bus serta truk bermuatan besar kerap melintas dengan kecepatan tinggi, sehingga kami harus mawas diri mengantisipasi dengan cara berkendara yang benar,” ungkap Slamet Riyadi M.Pd, Kepala Sekolah SMKN 1 Bulakamba.

Para guru ini dengan antusias mengikuti materi aman berkendara yang diberikan oleh para instruktur. Seratus guru sekolah kejuruan kebanggaan masyarakat Brebes tersebut diajarkan skill dasar aman berkendara secara bergantian pada satu hari penuh. Pelatihan aman berkendara ini menjadi pelatihan safety riding untuk guru dengan jumlah terbanyak yang pernah dilakukan oleh Honda Jateng.

Berbagai teknik berkendara pun dikenalkan, mulai dari teknik dasar seperti mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, termasuk memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh yang baik saat berkendara.

Hingga ke teknik yang lebih pro seperti teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah & licin atau jalanan berliku. Kemudian, juga diajarkan teknik keseimbangan diatas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom course atau cara melakukan akselerasi serta handling kemudi dengan benar.

Kegiatan pelatihan ini bisa terjadi atas kesadaran guru-guru SMKN 1 Bulakamba yang menginginkan anak bangsa yang mengenyam pendidikan bisa selamat dalam perjalanan menuju sekolah. Pasalnya, di sekolah ini lebih dari 75% siswa menggunakan sepeda motor.

Kini perilaku safety riding didorong untuk menjadi budaya dan karakter dasar di SMKN 1 Bulukamba. Sisi positif lainnya dengan adanya perilaku aman berkendara, para siswa-siswi serta seluruh elemen sekolah menjadi terbiasa untuk lebih tertib dan disiplin. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)