logo
Minggu, 21 Jan 2018 | 17:45

Pilih Mana, All New Daihatsu Terios Irit BBM Atau Bertenaga?

Penulis : Bagja Pratama
img1

Jakarta - All New Daihatsu Terios memang punya tampang dan fitur yang berubah drastis, meski usungan mesin masih sama dengan model sebelumnya. Tapi, Daihatsu sudah menyematkan satu teknologi baru, yakni Dual VVT-i.

Bukaan katup elektronik tersebut kini tak hanya pada gas masuk, tapi juga pada gas buang. Efeknya, konsumsi BBM jadi lebih irit. Tapi, konsumen tetap harus memilih, mau irit BBM tapi ya tenaga mesin jadi lebih lemot.

Dan Daihatsu sepertinya lebih memilih sebuah SUV yang irit BBM, ketimbang bertenaga. Terbukti dengan hasil setingan mesinnya yang kini jadi lebih irit BBM, diklaim mencapai 20 persen. Hanya saja, tenaga yang diproduksi juga berkurang.

Daihatsu All New Terios punya mesin berkapasitas 1.500cc yang kini bertenaga hanya 104 Hp dan torsinya 136 Nm. Kompensasi yang harus dirasakan konsumen ketika konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit dari model sebelumnya.

"Jika dibanding dengan Terios model lama, tenaganya memang kurang, tapi fuel consumption-nya lebih baik, toh riset kami 80 persen Terios digunakan di perkotaan sehari-hari, sisanya baru di pegunungan," ujar Audi Tarantini, dari Tim R&D Daihatsu Indonesia.

Tes internal yang dilakukan Daihatsu menunjukkan, All New Terios lebih irit 20 persen, angka yang signifikan tentunya. Hasil tersebut berdasarkan simulasi di lintasan tertutup, dipacu konstan di gigi lima dengan kecepatan 60 kpj.

SHARE THIS ARTICLE :
logo

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter