logo
Senin, 14 Sep 2020 | 17:03

Ini Dampaknya Jika Kendaraan Modern Pakai Oktan Rendah

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Otojurnalisme - Pertamina terus mengkampanyekan untuk masyarakat tidak menggunakan bahan bakar beroktan (RON) rendah.

Reseach Octane Number (RON) adalah angka yang menunjukkan seberapa tinggi tekanan Bahan Bakar Minyak (BBM) terbakar secara spontan pada kendaraan.

Unit Manager Communication Relations and CSR MOR III, Eko Kristiawan menjelaskan BBM beroktan tinggi memiliki formula aditif khusus, yakni antikarat untuk mencegah korosi.

Terdapat pula detergen untuk membersihkan deposit di ruang bakar, sehingga menghasilkan pembakaran sempurna dan demulsifier untuk mencegah bahan bakar terkontaminasi air.

Menurutnya, produk bensin dengan RON di atas 90 bisa menghasilkan pembakaran sempurna menjadikan emisi gas buang lebih sedikit.

“Sebab itu, masyarakat yang menggunakan BBM berkualitas tidak hanya menjaga mesin kendaraan, namun turut menjaga kualitas udara lebih bersih,” katanya dalam diskusi virtual bersama Forwot beberpa waktu lalu.

BACA JUGA : BMW Astra Gratiskan Biaya Layanan Perawatan BMW Dan MINI Di Rumah

Jika kendaraan modern menggunakan BBM berkualitas lebih rendah, Eko menjelaskan, dalam jangka panjang memberikan efek buruk pada kendaraan.

Di mana keluaran atau output tenaga mesin menjadi kurang optimal, konsumsi BBM lebih boros, terjadi pengendapan kerak karbon (deposit), dan emisi lebih polutif.

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)