logo
Rabu, 11 Sep 2019 | 16:57

Pemerintah Wajibkan SNI Untuk ProdukPelumas, Federal Oil Sudah Duluan

Penulis : Ricky
img1

Otojurnalisme-Dalam rangka melindungi masyarakat pengguna pelumas di Tanah Air, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mewajibkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk pelumas atau oli yang beredar di Indonesia. 

Peresmian kewajiban sertifikasi SNI tersebut mulai diberlakukan pada 10 September 2019 dalam acara pameran Industri Kimi Hilir 2019 di gedung Kemenperin. 

Kewajiban SNI tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Pelumas Secara Wajib.

 

PT Federal Karyatama selaku produsen Federal Oil sudah mendapatkan sertifikasi SNI sejak tahun 2017 sekaligus sebagai pelopor pelumas bersertifikat SNI, menandakan Federal Oil memiliki standar teknis yang dapat dipertanggungjawabkan dan kualitas yang terjamin untuk konsumen.

Patrick Adhiatmadja, CEO PT Ferderal Karyatama mengatakan menyambut baik penetapan wajib SNI bagi pelumas di Indonesia, dengan begitu konsumen dapat terlindungi dari peredaran oli yang tidak teruji kualitasnya.

"Ini menjadi sebuah langkah yang positif bagi perinudstrian pelumas di Indonesia dan patut diapresiasi. Satu langkah capaian yang monumental karena kita sudah punya SNI.  Aturan ini lebih menjaga kualitas mutu dan menyaring produsen-produsen yang nakal. Selanjutnya adalah bagaimana penerapan SNI itu di lapangan, bagaimana langkah-langkah dan penanganannya jika ditemukan pelumas yang belum atau tidak bersertifikasi SNI, ini yang harus kita fikirkan langkah selanjutnya," kata Patrick, Selasa (10/9) saat acara Pemeran Industri Kimia Hilir 2019.

 

Patrick menambahkan, proses pendaftaran sertifikasi SNI pada produk Federal Oil tidaklah mudah, harus melalui beberapa tahapan dan pengujian laboratorium yang sudah ditentukan dari Kemneterian Perindustrian.

"Proses sertifikasi SNI pada produk pelumas kami tidak mudah, produk kami harus diuji di laboratorium yang sudah ditentukan oelh Kementerian Perindustrian, Alhamdulillah produk kami lolos pengujian sehingga semua produk Federal Oil sudah memiliki label SNI.," tambah Patrick, Selasa 10 September di Jakarta.

Dalam dunia pelumas, kualitas suatu produk mutlak teruji oleh pihak-pihak yang berkompeten dalam bidang ini, hal ini menyangkut pada hajat orang banyak yang mengandalkan kendaraan bermotor dalam hal ini sepeda motor sebagai salah satu roda kehidupan di Indonesia. 

 
SHARE THIS ARTICLE :

Video

Top Artikel Jurnalis

Top Artikel Kolumnis

ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Dhika
Dhika
Rider
Rider
Mr. OtoMen
Mr. OtoMen
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter