logo
Senin, 23 Jan 2017 | 18:43

Audi A1 Siap Diedarkan, Persaingan Hatchback di Eropa Makin Seru

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Audi A1 generasi ke dua. (Foto : Autoexpress)

JERMAN - Pabrikan mobil asal Jerman Audi tengah mampersiapkan versi facelift pada seri hatchback Audi A1 yang akan menjadi generasi kedua. Rencananya tampilan yang lebih segar, dengan interior yang lebih berkelas, dan juga dilengkapi fitur baru serta siap meluncur tahun 2018 nanti.

Model terbaru Audi A1 ini diklaim akan menjadi rival bagi Volkswagen Polo dan Ford Fiesta yang juga memperoleh penyegaran. Serta seri hatchback lainnya juga, seperti MINI Cooper dan generasi berikutnya dari Citroen DS3. Dengan kehadiran hatchback kelas medium ini diharapkan persangan segmen mobil kecil Eropa ini kian seru nantinya. Terlebih kesemua pabrikan mobil-mobil tersebut menawarkan teknologi yang canggih serta ramah lingkungan dalam tiap unitnya.

Dari gambar terlihat A1 baru ini akan beralih ke platform MQB milik VW Group yang disebut A0. Audi A1 akan menghadirkan arsitektur tubuh yang berbeda dari pendahulunya karena yang tadinya dirancang di Brussels (Belgia) akan pindah ke pabrik Martorell SEAT yang berpusat di Barcelona. Dimana ia akan dibangun di samping Ibiza yang menjadi basis SUV Ibiza.

Platform baru tersebut akan membawa banyak manfaat, antara lain Audi A1 akan lebih besar dari model yang ada saat ini. Dikliam panjang wheelbasenya mencapai 2.560 mm yang akan hadir pada semua mobil kecil Audi, VW, SEAT, dan Skoda.

Artinya, ia akan 90 mm lebih panjang dari pendahulunya untuk memberikan ruang belakang yang lebih lega serta bagasi dari 270 liter menjadi 300 liter. Secara tampilan ia menggunakan gril yang lebih besar, lampu depan yang tampak sporti, pelek yang lebih besar, serta lampu belakang yang terlihat lebih tajam.

Sebuah platform baru akan menghadirkan mesin baru, diklaim Audi A1 terbaru akan memboyong mesin bensin turbo 1.000 cc tiga silinder yang mampu menyemburkan tenaga 100 dk. VW Polo baru dan Audi A1 terbaru akan saling berbagi DNA, serta akan menawarkan mesin diesel 1.500 cc milik VW grup.

Dengan konfigurasi mesin diesel 1.500 cc maka A1 akan memperoleh tenaga 90-160 dk. Diklaim Audi juga akan menyematkan teknologi hybrid sehingga A1 akan memiliki versi e-tron. Dikarenakan pada tahun 2012 Audi sempat memperkenalkan mesin bensin turbo tiga silinder dan motor lsitrik. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
Otowheel
Otowheel
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)