logo
Jumat, 09 Dec 2016 | 16:50

Kolaborasi Aston Martin dan Red Bull Hasilkan Hypercar 900 HP

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Zulfikar Noer
img1

Aston Martin belum memastikan mengenai livery yang akan digunakan pada mobil hasil kolaborasinya dengan Red Bull ini. (Foto : Stuff)

Inggris - Hasil kolaborasi ciamik yang dihasikan pabrikan mobil Aston Martin dengan brand minuman energi Red Bull bisa melahirkan hypercar  bertenaga dasyat. Enggak tanggung-tanggung, Aston Martin ini mampu menyemburkan tenaga hingga  900 dk. Rencananya mobil yang dinamai AM-RB 001 bakal dilepas ke tangan customer pada awal tahun 2018. Perwakilan Aston Martin mengatakan bahwa 150 model hypercar ini sudah terjual.

Aston Martin mengatakan 150 model yang siap untuk di produksi di pabrik Gaydon, Inggris telah menerima uang muka Rp 8,4 miliar untuk tiap unit pesanan. Namun, Aston Martin juga belum mengkonfirmasi harga resmi dari AM-RB 001 ini, tapi diperkirakan akan mencapai angka fantastis sekitar Rp 30-an miliar.

Orang dibalik terlaksananya proyek ini adalah dua perancang mobil ternama, yakni Direktur Kreatif Aston Martin, Marek Reichman dan Direktur Teknis Red Bull, Adrian Newey.

Spesifikasi singkatnya, AM-RB 001 ini akan menggendong mesin bensin berkapasitas V12 dengan perbandingan rasio 1:1 power to weight, artinya tenaga 900 dk tersebut akan menggerakan mobil yang bobotnya hanya sekitar 900 kg.

Performa Dasyat

Bicara performa, hypercar ini tentunya tidak bakal main-main. Besar kemungkinan Aston Martin versi Red Bull ini bakal menggunakan aero kit layaknya mobil formula 1. Menurut Aston martin, hypercarnya ini mampu sprint 0-100 km/jam hanya dalam dalam tempo waktu 2 detik, kecepatan maksimumnya mencapai 320 km/jam. Mantap kan?

Dengan performa yang begitu cepat, rupanya ini tidak terlepas dari masukan para ahli-ahli mobil F1 salah satunya Newey, yang memfokuskan bodi mobil ini untuk memperoleh downforce maksimal pada kecepatan tinggi. Tidak seperti hypercar lainnya juga, mobil ini juga tidak akan disematkan sayap belakang, tapi diklaim stabilitasnya akan tetap terjaga walaupun melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Aston Martin versi Red Bull ini juga akan memperoleh set-up suspensi yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dengan sistem aerodinamikanya. Ditambah girboks baru, yang dikembangkan oleh Newey dan tim khususnya agar mobil super ini lebih responsif.

 “Aston Martin versi Red Bull ini akan menjadi mobil paling mewah dan tercepat di kelasnya. Mobil ini akan melahap sirkuit Silverstone dan bersaing dengan mobil F1 bahkan LMP1 atau mungkin ia akan mendapatkan predikat sebagai ‘raja jalanan’,” kata CEO Aston Martin, Andy Palmer.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan Aston Martin belum memastikan mengenai livery yang akan digunakan pada mobil kolaborasinya dengan Red Bull ini. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :

Video


ARIPITSTOP
ARIPITSTOP
OtoXplore
OtoXplore
Dhika
Dhika
Elang
Elang
Rilis
Rilis
ZonaVanza
ZonaVanza
Rider
Rider
Otowheel
Otowheel
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter
Tutup Iklan (x)


Tutup Iklan (x)