alexa
logo
Senin, 20 Mar 2017 | 18:45

Power Steering Bocor ? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Penulis : Tigor Sihombing - Editor : Adithya Nurcahyo
img1

Power steering system. (Foto : Toyotazone)

Jakarta - Pada mobil yang masih mengadopsi sistem power steering hidrolik, dan sudah berumur lebih dari 5 tahun, biasanya rentan terhadap penyakit. Misalnya bocornya saluran pelumas power steering.
 
Hal ini karena power steering hidrolik masih mengandalkan cairan sebagai pelumas pompa untuk menghasilkan tekanan pada pusat kemudi. 
 
Biasanya pada power steering hidrolik, kebocoran ini sering terjadi pada komponen sil pusat kemudi.
Penyebabnya pun banyak dipengaruhi faktor, Misalnya: 
 
BACA JUGA : 
 
 
 
Usia
 
Komponen power steering seperti sil atau rack steer yang berusia lima tahun lebih dan memiliki jarak tempuh lebih dari 10.000 km cenderung mengalami kerusakan. 
 
Rack steer yang bocor ditandai dengan adanya rembesan atau cairan power steering yang menetes. Selain itu sering terdengar suara mendengung saat setir diputar. 
 
Untuk mengatasinya dengan mengganti komponen dengan yang baru untuk menghindari terjadinya kerusakan pada as pegas.
 
Boot Rack Steer Getas
 
Komponen yang terbuat dari karet ini sangat rentan mengalami pecah atau rusak akibat getas. Kerusakkan pada komponen ini juga terkadang disebabkan terlalu sering melintasi jalan yang rusak. 
 
Jika komponen ini rusak sebaiknya segera diganti untuk menghindari masuknya kotoran ke bagian as setir yang berakibat terjadinya pengaratan pada as setir.
 
Salah Isi Cairan Pelumas
 
Jangan pernah mengisi cairan pelumas power steering menggunakan cairan pelumas yang kerap digunakan untuk kopling dan rem. Pelumas power steering memiliki karakteristik cairan yang berbeda.
 
Pemakaian Extrem
 
Kendaraan yang dipacu dan melakukan manufer atau drifting akan mempercepat terjadinya kebocoran pada selang, karena tekanan pada sirkuit power steering menjadi panas berlebihan.
 
Demikian ulasan artikel penyebab rusaknya power steering, yang dirangkum dari berbagai sumber.
 
Semoga bermanfaat. (otojurnalisme.com)
SHARE THIS ARTICLE :
logo

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter