alexa
logo
Rabu, 15 Nov 2017 | 09:30

Pelajar SMK Diajari Road Safety Coaching Clinic, Lihat Apa Saja yang Didapat

Penulis : Mohammad Ghalib
img1

Shell Road Safety Coaching Clinic (Foto : Shell)

Jakarta - PT Shell Indonesia bersama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar program kampanye Keselamatan Berkendara dengan tegline “Shell Road Safety Coaching Clinic”.

Kegiatan tersebut berlangsung selama bulan Agustus hingga Oktober 2017 di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah DKI Jakarta.

Tujuan pelaksanaan program adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran berkendara/berlalu lintas yang benar pada generasi muda, khususnya kalangan pelajar.

(BACA JUGA : Intip All New CRF150L Gaya Supermoto, Keren Gak?)

Lima SMK Negeri menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut dan sekitar 800 siswa yang menjadi perwakilan dari lebih 200 SMK negeri dan swasta di lima wilayah DKI Jakarta.

Mereka menerima materi-materi keselamatan berlalu lintas, yang disampaikan oleh  para trainer/fasilitator dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

(BACA JUGA : Akan Ada Tiga Warna Untuk Kawasaki Ninja 250 Baru)

Darwin Silalahi, Presiden Direktur dan Country Chairman PT Shell Indonesia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen untuk berkontribusi menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas dan aman di jalan.

"Shell adalah perusahaan yang menempatkan keselamatan sebagai prioritas utama dalam aktivitasnya, termasuk keselamatan di jalan raya. Melalui program Shell Road Safety Coaching Clinic, kami ingin turut berperan aktif dalam membangun budaya tertib berlalu lintas dan membantu menekan jumlah angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas khususnya di kalangan pelajar dan remaja," katanya.

(BACA JUGA : Keren nih, Yamaha Gelar Online Modifikasi CUSTOMAXI YAMAHA)

"Kami yakin, disiplin sebagai pengguna jalan yang mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kunci keselamatan yang wajib dipenuhi oleh semua orang," sambungnya.

Menurut hasil studi World Health Organization (WHO) tahun 2015, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab nomor satu kematian di usia 15-29 tahun.

Setiap tahun, 1.250.000 kematian terjadi akibat kecelakaan lalu lintas.

Fakta ini didukung dengan data dari Kepolisian Republik Indonesia yang menyatakan bahwa angka kecelakaan lalu lintas paling banyak dialami oleh remaja dalam rentang usia 15 - 25 tahun .

Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa para pelajar Sekolah Menengah Atas atau sederajat  masuk dalam rentang usia berisiko tinggi alami kecelakaan lalu lintas.

Shell Road Safety Coaching Clinic merupakan pendekatan baru dari PT Shell Indonesia dalam memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar/generasi muda.

(BACA JUGA : Bikers Sumatera Utara Kumpul di Danau Toba, Ngapain Yaa?)

Sebelumnya, program investasi sosial Shell Road Safety ini ditujukan bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

Mereka mendapat materi dasar tentang aman berlalu lintas, khususnya sebagai pejalan kaki, pengemudi sepeda dan penumpang sepeda motor dan mobil.

Kegiatan edukasi ini dilakukan di dalam kelas melalui penyampaian materi oleh karyawan-karyawan Shell yang meluangkan waktu kerjanya untuk kegiatan ini.

Selain itu, siswa-siswi SD juga berkesempatan mengenal rambu-rambu lalu lintas dalam bentuk berbagai permainan menarik.

Di tahun 2016 lalu, lebih dari 2.300 siswa-siswi SDN di Jabodetabek telah berpartisipasi dan mendapatkan manfaat edukasi keselamatan berlalu lintas dalam kegiatan Shell Road Safety. (otojurnalisme.com)

SHARE THIS ARTICLE :
logo

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter