logo
Senin, 18 Sep 2017 | 13:09

Jokowi Kunjungi Pabrik Mobil Mahesa di Klaten, Mengimbau Harus Segera Disertifikasi

Penulis : Tigor Sihombing
img1

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi oleh pendiri Kiat Motor, H Sukiyat yang juga pelopor mobil Esemka. (Foto : Tempo)

Otojurnlisme - Apa kabar mobil Esemka? Apa kabar mobil Pedesaan?
 
Ternyata Presiden Joko Widodo baru saja meninjau bengkel Kiat Motor di Klaten, Jawa Tengah, Minggu (17/9/2017).
 
Dalam peninjauan tersebut, Jokowi didampingi oleh pendiri Kiat Motor, H Sukiyat yang juga pelopor mobil Esemka. 
 
Disana ada tiga kendaraan pedesaan 'Mahesa' yang dipamerkan ke Jokowi dan belum diproduksi masal.
 
 
Dikatakan Jokowi, seperti yang dikutip dari detik.com mobil tersebut sama seperti mobil Esemka. 
 
"Ada ide-ide, ada gagasan yang sudah jadi barang. Itu sama seperti dulu, kayak Esemka. Mobil Esemka itu sama. Jadi dibangun dari UKM-UKM kemudian diintegrasikan dengan Esemka kemudian menjadi mobil. Setelah jadi mobil, tahapan berikutnya ada sertifikasi, ada uji emisi, seperti itu sama," kata Jokowi.
 
 
"Itu tadi yang saya tanyakan ke Pak Kiat dan tim, bisnis plannya seperti apa? Bisa memproduksi, tapi nanti marketingnya seperti apa? Siapa yang membeli? Ini tidak semudah itu."
 
 
"Orang bertanya juga, Esemka sudah bersertifikasi, sudah uji emisi, tetapi apakah visible untuk dipasarkan? Apakah bisa berkompetisi? Apakah bisa bersaing? Itu pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang harus bisa dijawab oleh industri," jelas Jokowi.
 
"Dan saya akan dorong ini agar segera sertifikasi, uji emisi, dan kalau selesai bussines plan harus sudah jelas dipasarkan kepada siapa, harganya berapa, apakah bisa bersaing dengan produk dari misalnya China, Korea, Jepang, karena ini masalah persaingan di pasar. Tetapi apapun, pemerintah harus mendorong, harus mendukung produk-produk dalam negeri seperti ini," kata Jokowi. (otojurnalisme.com)
 
 
SHARE THIS ARTICLE :
logo

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter