alexa
logo
Minggu, 16 Jul 2017 | 22:21

Jaguar E-Pace Compact Crossover Mewah Pertama dari Inggris

Penulis : Andhika Pradityo
img1

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa segmen crossover sedang naik daun di seluruh dunia. Tak heran banyak produsen  mobil yang ikut terjun ke segmen ini. Produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar, juga ikut meramaikan kelas ini. Setelah sukses memperkenalkan F-Pace, kini pabrikan dengan lambing kucing hutan ini merilis E-Pace yang berukuran lebih kecil. Ya, Jaguar E-Pace ini memang diposisikan dibawah F-Pace dan dipersiapkan untuk melawan BMW X1 dan Mercedes GLA-Class.

Desainer Jaguar ternyata cukup kreatif dalam mengembangkan E-Pace ini. Karena crossover kompak ini tidak mempunyai wajah yang sama persis dengan sang kakak, F-Pace. Bagian depan E-Pace terinspirasi dari sport car andalan Jaguar, F-Type. Meskipun lampu utamanya sama-sama berbentuk segitiga siku-siku, tapi Jaguar memodifikasi sedikit sehingga berukuran lebih besar. Lampu utama LED terintegrasi dengan LED Daytime Running Lights yang berbentuk huruf ‘L’. Di bawah lampu utama terdapat saluran udara berukuran besar yang terinspirasi dari F-Pace.

Dari bagian samping Anda akan melihat garis body mobil yang membulat khas sebuah crossover. Mengikuti tren kekinian, Jaguar membuat pilar C E-Pace melandai layaknya sebuah coupe. Pada bagian buritan, lampu belakangnya terlihat sama persis dengan milik F-Pace. Tapi tidak semuanya sama dengan sang kakak pada bagian ini. Buktinya, compact crossover ini memiliki bumper belakang baru, knalpot kembar yang diletakkan terpisah, dan lampu kabut belakang yang diposisikan secara vertikal.

Lalu bagian interiornya, Jaguar menghadirkan kabin yang elegan sekaligus sporty. Setir palang tiga khas Jaguar hadir berbalut kulit, aksen Noble Chrome, dan terdapat sistem hiburan Touch Pro yang bisa diakses melalui layar berukuran 10 inci pada kokpit tengah. Selain itu juga terdapat tempat untuk mengisi daya baterai berkekuatan 12-Volt yang berjumlah empat, colokan USB yang berjumlah lima, dan kapasitas bagasi yang mencapai 577 liter. Fitur yang termasuk opsional adalah panel instrumen digital yang berukuran 12,3 inci sistem audio dari Meridian, Head-Up Display, dan koneksi Wi Fi 4G yang bisa terhubung sampai dengan delapan perangkat.

Fitur keselamatan yang dibenamkan ke dalam tubuh E-Pace cukup lengkap, mulai dari Adaptive Speed Limiter, Lane Keep Assist, Traffic Sign Recognition,  Emergency Braking system dengan pedestrian detection, dan Forward Traffic Detection yang akan memberikan peringatan ke pengemudi jika ada objek yang mendekat ketika mobil mendekati perempatan dimana biasanya visibilitas sangat terbatas.

Di balik kap mesinnya terdapat mesin bensin berkapasitas 2.000 cc yang mempunyai dua pilihan tenaga, yakni 249 hp dengan torsi 365 Nm, dan 300 hp dengan torsi 400 Nm. Buat Anda penggemar mobil diesel, juga bisa membelinya dengan pilihan tenaga mulai dari 150 hp dan torsi 380 Nm, lalu ada 180 hp dengan torsi 430 Nm, dan yang paling kencang mampu memuntahkan tenaga sebesar 240 hp dan torsi sebesar 500 Nm. Mesin-mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 9-percepatan.

Untuk pasar Inggris, Jaguar E-Pace hadir dengan penggerak roda belakang sebagai standar. Sedangkan untuk pasar Amerika Utara mobil ini akan datang dengan penggerak semua roda sebagai kelengkapan standar. 

SHARE THIS ARTICLE :

Video

logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: redaksi@otojurnalisme.com
Facebook
Twitter